Dapatkan artikel dan info tentang berbagai hal hanya dengan "klik" pada menu-submenu di header. Selamat menikmati. (manduta creator)

Thursday, January 20, 2011

eventsurabaya.net Menjadi Media Publikasi yang Efektif

0 Komentar


Sebuah acara spesial adalah acara yang difokuskan pada tujuan tertentu seperti terobosan, grand opening atau kesempatan penting lainnya. Acara khusus juga dapat dibuat untuk tujuan yang ditargetkan lain seperti kompetisi; pameran, workshop atau seminar.

Langkah-langkah berikut ini untuk merencanakan kegiatan Anda agar sukses yaitu sebagai berikut:

Mengembangkan strategi untuk sukses
- Pastikan tujuan acara cukup penting, dan memperkirakan waktu dan biaya yang dibutuhkan, mempublikasikan dan mengevaluasi acara tersebut.
- Sasaran yang direncanakan tepat sesuai dengan kegiatan
- Mulai perencanaan setidaknya tiga bulan sebelumnya
- Mengembangkan cara untuk mengevaluasi kesuksesan acara. Tujuan acara yang terukur mungkin termasuk kehadiran peserta, jumlah uang yang diperoleh, dan jumlah sponsor yang dituju
- Bicaralah dengan aktivis yang sudah berpengalaman dalam merencanakan kegiatan

Membuat checklist
Sebuah checklist memberikan panduan langkah demi langkah untuk mengatur dan melaksanakan acara. Lihat sampel di bawah ini.
  • Pilih pengurus dan anggota komite perencanaan Anda.
  • Mengembangkan rencana induk dan mengatur event date.
  • Pilih pengururs untuk subkomite seperti si acara, publikasi dan dokumentasi, keamanan dan perizinan, perlengkapan, dan kesekretariatan.
  • Mengorganisir anggota untuk masing-masing komite.
  • Menyusun rencana publisitas. Memutuskan kapan / bagaimana media harus dihubungi. Pastikan untuk memperingatkan media.
  • Siapkan copy untuk materi program dan dicetak.
  • Tahan pertemuan sehari sebelum acara. Bagikan jadwal acara untuk masing-masing anggota komite. Diskusikan tugas. Bagikan identifikasi acara. Menjawab setiap pertanyaan.
  • Mengatur beberapa pendaftaran. Bagikan program kepada peserta, sehingga mereka tahu apa yang diharapkan.
  • Setelah acara, surat program dicetak dengan huruf yang tepat untuk "orang lain yang signifikan" yang tidak dapat hadir.
  • Ingatlah untuk berterima kasih kepada semua orang yang berpartisipasi. Kirim foto jika memungkinkan.
  • Melakukan evaluasi
Membuat anggaran
Tujuannya adalah untuk menyediakan perencana acara dengan keuangan. Anggaran harus spesifik, dan termasuk peluang pendapatan (sponsor, sumbangan, dan biaya pendaftaran) serta biaya pencetakan, izin, asuransi, speaker, persediaan makanan, keamanan.

Pertimbangkan logistik
Dengan banyak kegiatan berjalan secara bersamaan, ada banyak rincian untuk diperiksa. Mempertimbangkan dan merencanakan beberapa hal meliputi: ukuran ruang atau bangunan yang digunakan, dukungan utilitas yang diperlukan, setup koordinasi, pembersihan, rencana darurat (meja dan kursi, toilet portabel, parkir) transportasi, dan pelayanan publik.

Rencana publisitas
Mempromosikan acara membutuhkan pemikiran kreatif seimbang dengan kepraktisan.
Apakah Anda mencoba untuk menginformasikan, mendidik atau menghibur?
Meningkatkan kesadaran atau kehadiran acara tersebut?
Membangun dukungan dasar dari peserta yang spesifik?
Mengfasilitasi hubungan peserta yang baik?
Kirim semua yang tersedia ke media termasuk buletin sekolah, peraturan kegiatan, register, dan lainnya. Buatlah daftar rinci dengan nama-nama siapa yang harus dihubungi dan kapan.

Namun media apa yang mudah dibaca maupun dilihat secara cepat oleh masyarakat?

Solusinya adalah bekerja sama dengan media online, karena media online sangat cepat, tepat dan praktis dalam menginformasikan ke publik. Persiapkan semua berkas yang perlu untuk dipublikasikan ke publik kepada media online. Kemudian media online apa yang sudah di kenal banyak orang?

Jawabnya adalah eventsurabaya.net, media ini menginformasikan berbagai pameran, workshop, seminar, kompetisi, dan yang lainnya. eventsurabaya.net telah dikenal oleh publik khususnya masyarakat Surabaya. Sehingga apabila kegiatan Anda dipublikasikan melalui eventsurabaya.net, maka dalam sekejap kegiatan Anda mulai diketahui oleh umum. Untuk mengetahui lebih lanjut kunjungi eventsurabaya.net.

Evaluasi acara
Luangkan waktu untuk mengevaluasi yang tepat setelah acara. Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memberikan kuesioner bagi peserta untuk mengisi. Beberapa kriteria evaluatif umum termasuk:
Apakah acara tersebut memenuhi maksud dan tujuan? Mengapa?
Apa item yang hilang pada checklist?
Apakah acara tersebut juga dihadiri?
Apakah umpan balik informal dan formal tentang acara?
Yang terakhir adalah, penting untuk merayakan keberhasilan Anda dan terima kasih kepada semua orang yang berkontribusi.

PT SIER-PIER Optimalkan Kawasan Industri Indonesia

0 Komentar

Sekarang ini Indonesia mempunyai jumlah penduduk sebanyak 237.556.363 orang, yang terdiri dari 119.507.580 laki-laki dan 118.048.783 perempuan.(BPS bulan Agustus 2010). Jumlah populasi masyarakat Indonesia yang luar biasa merupakan pasar berpotensi besar untuk berkembangnya perusahaan-perusahaan nasional. Tetapi pemerintah sekarang ini belum memaksimalkan potensi tersebut, contoh paling nyata saat ini yakni sifat masyarakat yang cenderung konsumtif, itu ditunjukkan dengan nilai impor lebih banyak daripada nilai ekspor Indonesia.

Besaran total nilai impor nonmigas Indonesia selama bulan Januari sampai bulan Oktober 2010 sebesar US $87.712,4 juta, 79,89 persen berasal dari dua belas negara utama, yaitu Cina, Jepang, Singapura, Amerika Serikat, Thailand, Korea Selatan, Malaysia, Australia, Jerman, Taiwan, Perancis, dan Inggris. Sedangkan negara tujuan ekspor terbesar Indonesia dalam periode Januari sampai Oktober 2010 sebesar US$34.621,7 juta, 33,48 persen untuk 3 negara utama yaitu Jepang, Amerika Serikat, dan Cina.

Dari permasalahan di atas, maka perlu tindakan pemerinyah untuk mengembangkan dunia industri karena beragamnya area industri dapat dijadikan pijakan keunggulan ekonomi bangsa.

Lantas di bidang industri apa kebijakan harus dikembangkan?

Banyak negara menetapkan fokus tertentu terutama yang menyangkut pengembangan teknologinya untuk mencapai keunggulan. Sebagai contoh Jepang, diantaranya, menitikberatkan pada elektronik untuk kebutuhan sehari-hari, Amerika Serikat fokus pada teknologi digital, ruang angkasa dan eksplorasi alam, Perancis menaruh perhatian besar terhadap biotechnology dan kehutanan, Inggris memberikan perhatian yang besar pada robot, medis dan bioengineering, Selandia Baru fokus pada pertanian dan peternakan, Singapura fokus pada intelejensi buatan dan pemrosesan informasi, dan Hongkong konsentrasi pada perbankan.

Lalu di bidang industri apakah Indonesia akan mengembangkan diri ?

Industri yang harus dikembangkan yaitu pertanian dan kehutanan; perikanan; pertambangan; manufaktur; kelistrikan, gas, air; konstruksi, eceran, hotel dan restoran, transport, penyimpanan dan komunikasi; keuangan; real estate; administrasi publik; pendidikan; kesehatan; pelayanan sosial dan individu, dan seterusnya.

Untuk mendukung program pemerintah tersebut, perlu adanya pertisipasi dari perusahaan yang menyediakan area industri yang efektif dan efisien. Salah satunya adalah PT Sier-Pier yang berlokasi di Kotamadya Surabaya.

PT Surabaya Indutrial Estate Rungkut-SIER (Persero) adalah perusahaan yang menawarkan area industri yang baik, besar dan terkenal (SIER). PT SIER mengembangkan area industri berdasarkan plan yang rapi untuk memenuhi kebutuhan yang nyata dalam bidang industri dan lingkungan. Serta mengelola dengan baik untuk meningkatkan efisiensi dan produktifitas termasuk fasilitas pengolahan air limbah. Di dalam pengelolaannya PT SIER mengelola 3 kawasan industri yaitu Surabaya Industrial Estate Rungkut seluas 245 Ha, Sidoarjo Industrial Estate Berbek seluas 87 Ha, dan Pasuruan Industrial Estate Rembang seluas 500 Ha.

Dalam bidang ekspor, selain Kawasan Industri biasa di dalamnya terdapat Kawasan Berikat. Perusahaan tersebut menyediakan 50 Ha untuk mendukung dan meningkatkan aktifitas ekspor.

Bidang Usaha PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (Persero) meliputi usaha sebagai berikut:
SIER (Badan Usaha Milik Negara) memiliki beberapa industri jasa lainnya sebagai sarana pendukung bisnis yang terletak di industri SIER yaitu WISMA SIER (bangunan ruang kantor), pom bahan bakar, industri Bahan Bakar, industri Air, Total jasa logistik, Club house pusat medis SIER, restoran & fasilitas olahraga, dan pintu Keluar Media. Untuk mengetahui lebih lanjut PT SIER-PIER, silahkan kunjungi alamat website PT SIER-PIER.

Diharapkan dengan adanya dukungan dari perusahaan untuk menyediakan area industri, pengembangan industri di Indonesia semakin meningkat dan memposisikan Indonesia menjadi negara produsen di dunia.

 

.:: Manduta Online ::.. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com