Dapatkan artikel dan info tentang berbagai hal hanya dengan "klik" pada menu-submenu di header. Selamat menikmati. (manduta creator)

Wednesday, February 2, 2011

Tentang Waktu


Semoga Anda tidak bosan kalau saya membahas sekali lagi tentang waktu. Kenapa perlu dibahas lagi? Karena waktu itu penting, dan salah satu anugerah yang diberikan kepada setiap orang secara merata tanpa ada perbedaan.

Orang indonesia pasti tidak akan lupa dengan tanggal 17 Agustus, karena tanggal itu adalah hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang tercinta. Sebagian besar orang juga merayakan ulang tahun. Tapi apakah kerugian yang terkandung dibalik usia kita? Yah, sebenarnya ketika Anda merayakan ulang tahun, berarti saat itu pula umur Anda berkurang. Itu salah satu bukti bahwa waktu itu penting, sampai waktu kita hilang dalam setahunsebelumnya mesti diingat.

Sekarang saya mengajak Anda untuk menghayal sedikit. Di hadapan Anda ada gelas, batu besar, batu kecil, kerikil, pasir dan air. Kemudian saya minta Anda memasukkan semua benda yang ada di sana ke dalam gelas. Urutannya bagaimana?

Proses Anda memasukkan batu satu per satu itu menggambarkan tentang kegiatan Anda berdasarkan prioritas mana yang lebih penting. Kalau Anda salah saja memisahkan dan memasukkan benda mana yang penting dengan yang lebih penting, maka pasti gelas itu tidak akan cukup menampung semua benda yang harus Anda masukkan.

Sekarang, Anda mengaitkannya dengan waktu dan kehidupan. Pertama Anda bayangkan gelas sebagai waktu hidup Anda, semua sudah ada jatahnya kan, ada yang 63 tahun, 80 tahun, 20 tahun dan ada juga yang 5 tahun. Kedua, bayangkan batu dari berbagai ukuran, mulai dari yang besar sampai yang kecil adalah kegiatan-kegiatan yang harus Anda lakukan; batu besar sampai air disesuaikan dengan tingkat kepentingannya.

Misalnya Anda memasukkan air dahulu, batu besar yang terakhir, maka dijamin 100% air besar itu akan luber. Kondisi seperti itu diibaratkan Anda mendahulukan hal-hal yang tidak penting sebelum yang penting, seperti mendahulukan menonton televisi daripada mengerjakan perintah orang tua, atau nongkrong tidak ada ujungnya daripada belajar bersama teman-teman.

Kalau tadi waktu diibaratkan gelas sebagai waktu dalam kehidupan anda dan sudah ada jatahnya untuk setiap orang, artinya setiap orang memiliki batas waktu kehidupannya. Maka, sekarang saya memberitahu Anda bahwa ada cara bagaiman menembus batas, atau memanjangkan umur. Memanjangkan umur artinya, walaupun gelas Anda sudah terisi penuh (waktu kehidupan Anda sudah habis), tetapi gelas itu bisa melar dan kegiatan-kegiatan Anda masih berjalan terus.

Sebenarnya cara ini tidak asing bagi mereka yang beragama islam. Namun tidak salah apabila saya kasih tahu Anda. Caranya bagaimana? Pertama, Anda harus bisa memberikan ilmu yang bermanfaat; kedua, Anda rajin beramal jariyah (memberikan santunan pada orang yang tidak beruntung atau amal untuk masjid dan sebagainya); ketiga, anak yang selalu mendoakan orang tuanya.

Jadi dengan tiga cara itu, maka kehidupan sesudah mati Anda akan lebih menjanjikan, ibarat tabungan yang mengalir terus dan keuntungannya berlipat-lipat tanpa Anda harus bekerja keras.

Kalau kembali lagi ke perumpamaan gelas, batu besar, batu kecil, kerikil, pasir, dan air; maka tiga kegiatan yaitu mengajarkan ilmu yang bermanfaat, beramal jariyah, dan anak yang soleh adalah batu yang besar, yang harus Anda dahulukan.

Semoga saja Anda bisa memahami arti pentingnya waktu sehingga dapat menyusun prioritas hidup dan melaksanakannya satu per satu dengan penuh keyakinan bahwa semua benda akan masuk ke dalam gelas sesuai denggan urutan, rapi, dan teratur.

Kalau Anda bisa mengatur seperti itu dengan gelas, coba Anda lakukan hal yang serupa dengan kehidupan Anda. Pasti hidup Anda dan karir Anda akan menyenangkan. Anda merasakan semakin dewasa setiap hari; orang lain memandang Anda juga semakin dewasa dan memperlakukan secara dewasa sehingga Anda lebih optimis mengisi hari demi hair kehidupan dan karir Anda.

>>>>Baca juga artikel ini



0 Komentar:

Post a Comment

 

.:: Manduta Online ::.. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com